Tips Untuk Hadapi Persaingan Di Dunia Bisnis Online

Tips Untuk Hadapi Persaingan Di Dunia Bisnis Online

Bisnis online semakin marak dan pesat di era digital. Anda dapat membuat toko online dengan mudah di marketplace dan social media. Modal awal juga tidak besar bahkan hampir semua orang yang menggunakan smartphone mampu melakukannya. Akan tetapi, semakin mudah justru persaingan sangat ketat. Kompetitor datang dan pergi bahkan terus berupaya menjadi market leader. Di lain pihak Anda juga bersaing dengan bisnis yang mempunyai skala sama.

Untuk sukses di bisnis online, Anda membutuhkan cara dan strategi yang tepat. Persaingan semakin dinamis dan ketat serta perubahan pasar dan konsumen menjadikan para pemilik bisnis online terus berinovasi. Tips berikut ini berguna untuk menghadapi kompetisi dan mampu bertahan hingga sukses.

Tips Untuk Bersaing Di Bisnis Online

1. Riset pasar dan kompetitor

Anda perlu mengerti pasar dan kompetitor. Perusahaan besar juga melakukan hal yang sama bahkan sangat serius di bidang ini. Pasar yang dimaksud adalah target konsumen dan potensi persaingan. Bisnis yang sudah umum seperti fashion dan makanan justru lebih ketat lagi saat melakukan riset. Bagi pemula, mereka sebaiknya masuk ke pasar yang niche.

2. Kualitas produk

Kualitas produk juga sangat berpengaruh bahkan yang menjadi faktor penting para konsumen untuk membeli dan menggunakan lagi. Anda mengenal dua brand motor yang menjadi raja di pasar roda dua. Mereka bukan hanya menang desain dan marketing melainkan fokus awal justru di produk. Jika terbukti tidak mampu memenuhi kebutuhan dan ekspektasi, marketing sebesar apapun tetap gagal. Orang membeli pertama dan merasakan manfaat lalu kembali lagi.

3. Branding

Branding juga perlu dibuat agar customer tertarik untuk membeli. Anda bersaing dengan produk yang sama tetapi sengaja membuat branding unik dan berbeda.

4. Toko online, website, dan marketplace

Selanjutnya, pilih platform untuk menjual produk dan jasa. Jika belum mampu membuat website dan toko online, marketplace adalah pilihan terbaik. Platform memiliki fitur dan tool untuk membuat toko serta target konsumen mudah ditetapkan.

5. Diskon dan promo

Selanjutnya, Anda jangan melupakan diskon dan promo. Semua orang sangat suka saat menerima diskon. Siapkan sistem potongan harga dan bonus menarik. Di waktu khusus misalnya tahun baru dan liburan, Anda sengaja memberikan diskon tersebut.

6. Mitra usaha

Bisnis dapat berkembang karena mampu berekspresi dengan beberapa cara. Salah satunya yaitu mitra usaha untuk menjual produk. Anda mengikuti program affiliate marketing, dropshipping, dan lainnya dimana orang lain atau pihak ketiga juga ikut menjual produk di area tertentu.

Tips Lain Untuk Bertahan Di Bisnis Online

7. Customer service

Customer service juga sangat penting di bisnis online. Tugas cs adalah menerima komplain dan memberikan solusi. Mereka harus siaga 24 jam dan memberikan respon cepat jika ada masalah. Bisnis membutuhkan layanan yang cepat dan customer service adalah front desk yang siap membantu kapan saja.

8. Inovasi produk

Keinginan dan preferensi konsumen akan berubah sesuai kebutuhan dan zaman. Bisnis juga perlu menyesuaikan diri dengan situasi tersebut. Pelaku bisnis segera membuat inovasi yang mampu memenuhi ekspektasi dan berguna.

9. Garansi, jaminan, dan jujur

Bisnis dapat berjalan jika dari awal jujur dan memberikan jaminan. Satu konsumen yang loyal akan berpotensi menarik orang lain yang tertarik. Jika ada masalah, segera selesaikan dengan baik dan hindari meluas hingga mencemarkan reputasi.

10. Jasa digital marketing

Langkah berikutnya adalah menggunakan jasa digital agency. Anda sengaja menyerahkan tugas marketing ke mereka karena terbukti berpengalaman dan profesional. Fokus pemilik bisnis adalah produk, garansi, jaminan, mira usaha, dan customer service. Promosi, branding, dan marketing menjadi tugas pihak agency.

Nda dapat menerapkan tips diatas agar bisnis online siap bertahan dan menghadapi persaingan ketat. Terapkan satu per satu lalu sesuaikan dengan kebutuhan dan situasi.