5 Jenis Gambar Foto yang Perlu Kamu Ketahui

5 Jenis Gambar Foto yang Perlu Kamu Ketahui

Untuk seorang desainer, atau orang-orang yang sering berkutat dengan fotografi, penting sekali untuk mengetahui jenis format foto yang banyak digunakan.

Umumnya format foto yang banyak ditemui sekarang adalah JPEG, PNG dan lain-lain. Namun masih banyak juga lho format foto lainnya.

Pun dengan JPEG dan PNG, apakah Anda juga sudah tahu definisi dari keduanya? Karena kedua format tersebut punya kelebihan dan kekurangan tersendiri lho.

Pada artikel ini, kita akan mengenal jenis format foto yang paling sering dipakai dan harus Anda ketahui.

1. PNG

PNG adalah singkatanĀ  dari Portable Network Graphics. Format ini merupakan jenis gambar yang paling banyak ditemui. Baik itu di internet secara umum, situs hingga aplikasi chat.

PNG merupakan gambar yang didasari dengan kotak pixel kecil, yang membentuk suatu objek. Kelebihan dari format ini, ialah ketika dikompres resolusi dan kualitasnya akan tetap sama.

Dikutip dari website teknologi Uplotify, dari segi penggunaan, PNG biasanya dipakai untuk gambar-gambar berjenis vector. Misalnya seperti gambar tulisan tangan, gambar kartun, gambar dua dimensi dan lain-lain.

Alasannya karena gambar PNG yang didasari dengan pixel, membuat gambar-gambar jenis tersebut dapat terlihat jelas serta ukurannya kecil.

Sebaliknya, PNG tidak cocok dipakai untuk gambar bergaya fotografi. Dikarenakan ketika gambar fotografi dibentuk oleh pixel, ukuran gambarnya akan jadi sangat besar.

PNG juga memiliki fitur transparan. Dimana kita bisa membuat objek tanpa latar di belakangnya.

2. JPG

Jenis format foto selanjutnya ada JPG. JPG sendiri merupakan format foto yang banyak digunakan untuk fotografi. Dikarenakan resolusi yang dapat dihasilkan gambar ini termasuk tinggi. Serta ukurannya juga kecil.

Ketika dikompres, JPG akan menghasilkan gambar yang secara kualitas akan menurun. Namun gambar yang dihasilkan masih tetap jelas.

Foto JPG merupakan standar dari hasil gambar kamera, kamera HP, webcam dan lain-lain. Juga format ini akan menjadi opsi default ketika Anda sedang mengedit foto bergaya fotografi.

3. GIF

GIF adalah singkatan dari Graphics Interchange Format. GIF merupakan format gambar yang dapat bergerak, dan umum ditemui di berbagai aplikasi. Misalnya Facebook, Twitter, Instagram dan lain-lain.

GIF sendiri kebanyakan dipakai untuk bertegur sapa. Atau untuk saling melempar candaan. Biasanya GIF banyak dipakai untuk dibuat stiker obrolan.

Gambar yang bisa dibuat oleh GIF bisa berupa gambar vector, bisa juga gambar berupa fotografi. Bahkan video pun bisa dijadikan GIF, hanya saja nanti suaranya hilang, serta kualitasnya akan menurun.

4. WEBP

WEBP adalah format gambar yang dikembangkan oleh Google. Tujuan dari WEBP ini lebih ke para developer, atau webmaster (pemilik situs web). Tujuan dari pengembangan WEBP adalah untuk mempercepat waktu tunggu atau loading situs.

Format WEBP sendiri bukan format gambar biasa. Dikarenakan hanya bisa dibaca oleh browser saja. Untuk aplikasi editing, aplikasi tersebut harus mendukung format ini terlebih dulu.

5. SVG

Terakhir ada SVG. SVG merupakan singkatan dari Scalable Vector Graphics. Yaitu format vector yang dibuat berdasarkan bahasa program XML. Dari Bahasa program tersebut, akan membentuk suatu gambar dimensi dengan resolusi tinggi.

Kelebihan dari format SVG, adalah hasilnya yang tidak akan pecah sekalipun kita mengubahnya ke resolusi berapapun. Karena itu, umumnya file ini dijadikan output format dasar sebuah gambar saat dibuat di aplikasi gambar. Misalnya Adobe AI. Sebelum diubah lagi formatnya ke yang lain, misalnya ke PNG.

5 gambar tersebut merupakan jenis gambar yang paling umum ditemui. Format-format ini banyak dipakai desainer gambar. Termasuk format WEBP yang banyak dipakai desainer situs.