Praktis dan Makin Laris, Berikut Cara Jualan Di Marketplace Untuk Pemula

Praktis dan Makin Laris, Berikut Cara Jualan Di Marketplace Untuk Pemula

 

Marketplace semakin banyak dan terus berkembang untuk memberikan ruang bagi pemilik usaha online. Pengertian dari marketplace sendiri adalah media pemasaran yang dimanfaatkan untuk memulai bisnis online. Ada banyak marketplace yang sudah memiliki jaminan keamanan transaksi dan pembayarannya. Cara jualan di marketplace juga mudah serta menguntungkan. Berikut ulasannya.

Cara Mudah Jualan Di Marketplace Bagi Para Pemula

  1. Mempersiapkan Produk

Sebelum memulai bisnis di marketplace, anda harus pastikan produk yang anda jual memiliki kualitas yang baik dan daya saing yang kuat. Dengan begitu, anda bisa menarik banyak perhatian konsumen dengan menjual keunikan dari produk anda. Penjualan di marketplace cukup banyak bidangnya, ada banyak produk yang serupa dengan milik anda.

Hal tersebut membuat anda harus memastikan bahwa produk jualan anda memiliki nilai jual dan keunikan yang tidak bisa ditiru oleh kompetitor. Biasanya pembeli akan merasa tertarik apabila anda bisa memproduksi barang yang berkualitas dan berbeda dari kompetitor yang lain. Mempersiapkan stok juga perlu diperhatikan ketika ingin memulai penjualan di marketplace.

  1. Memilih Platform Marketplace

Cara mudah jualan di marketplace selanjutnya adalah memilih dan menginstall aplikasi marketplace pilihan. Di Indonesia sendiri sudah banyak marketplace penjualan yang menjamin keamanan transaksi dan pembayaran. Diantaranya adalah Bukalapak, Blibli, Tokopedia, Shopee, Lazada, dan sebagainya. Anda bisa memilih salah satu atau bahkan membuka toko di seluruh marketplace.

Install aplikasi tersebut pada ponsel anda maupun laptop untuk mempermudah pengoperasiannya. Pemilihan platform ini juga disesuaikan dengan riset target pasar maupun traffic record. Sehingga dapat mengoptimalkan penjualan produk dan jasa milik anda. Apabila sudah menentukan dan membuka toko di marketplace tersebut maka isilah informasi toko dengan detail.

  1. Menyediakan Foto Produk Yang Menarik

Dalam berjualan di aplikasi penjualan seperti marketplace, foto produk adalah hal yang sangat krusial dan harus diperhatikan. Pembeli akan melihat produk anda terlebih dahulu sebelum memutuskan untuk melihat – lihat atau bahkan membelinya. Oleh sebab itu, persiapan produk dan deskripsinya harus dilakukan sebaik mungkin. Pastikan bahwa foto dan deskripsi tidak ada kebohongan.

  1. Pilihan Jasa Pengiriman Beragam

Cara jualan di marketplace agar dapat memberikan pelayanan terbaik kepada pelanggan adalah memberikan pilihan jasa pengiriman yang beragam. Pembeli dapat dengan mudah memilih pengiriman menggunakan jasa yang diinginkan sesuai kebutuhan mereka. Hal tersebut biasanya berpengaruh pada harga pengiriman yang berbeda beda pada setiap jasa.

Dengan adanya pilihan jasa pengiriman yang disesuaikan dengan keinginan pelanggannya ini, akan membuat pelanggan lebih fleksibel dan merasa diuntungkan. Biasanya faktor pengiriman memang menjadi hal yang berpengaruh pada minat pembeli. Beberapa marketplace seringkali memberikan voucher berupa gratis ongkir pada acara – acara tertentu.

  1. Memberikan Promo

Dalam menggunakan marketplace untuk jualan online, anda bisa mengadakan banyak promo menarik di toko anda. Promo ini akan menarik banyak perhatian dari pelanggan setia maupun konsumen baru. Umumnya promosi yang bisa dilakukan di marketplace berupa cashback, gratis ongkir, potongan harga dan sebagainya. Anda bisa membuat promosi sendiri khusus untuk toko anda.

Untuk dapat menjangkau banyak target pasar, anda bisa melakukan promosi juga di media sosial yang bisa langsung ditautkan ke marketplace. Ada banyak fitur ads yang disediakan di media sosial tanpa pungutan biaya hingga yang berbayar. Promo ini akan memperkenalkan toko online anda ke banyak pelanggan dan berpeluang menghasilkan keuntungan yang besar.

Itulah beberapa cara untuk jualan di marketplace bagi para pemula. Marketplace menjadi media penjualan yang memudahkan pemilik usaha online. Sudah banyak pengusaha yang beralih ke online untuk mengikuti perkembangan zaman dan juga terus mempertahankan usahanya agar terus mendapatkan keuntungan. Cara diatas bisa menjadi pedoman bagi anda yang ingin jualan di marketplace.